Propolis Adalah Apa ?

Mengenal apa itu propolis dan kegunaannya 


Propolis adalah apa sih ? Apa itu Propolis dan manfaatnya ? Banyak dari kita yang pernah mendengar mengenai propolis tetapi tidak mengerti apa itu propolis, apa manfaat propolis, propolis itu obat apa sih ? Nah pada artikel ini anda bisa mendapat penjelasan yang lengkap mengenai propolis.

Jika anda ditanya “apa yang berhubungan dengan lebah?” tentu saja salah satu jawaban pertama yang muncul dipikiran adalah MADU. Siapa yang tidak kenal dengan zat yang satu ini ? Madu sudah lama dikenal sebagai obat kesehatan dan kecantikan serta makanan yang menyehatkan. Akan tetapi, beberapa dekade terakhir para ahli menemukan produk dari lebah yang dikatakan lebih baik dari madu, yaitu PROPOLIS, salah satunya dari Indonesia yaitu lppm ipb (Institut Pertanian Bogor) yang bahkan meneliti propolis sebagai obat virus CORONA yang pada tahun 2020 merebak di dunia, ini artikel kesehatannya (klik disini).


Propolis adalah material seperti resin yang dihasilkan lebah untuk menambal, merekatkan dan mensterilkan sarangnya. Resin ini biasanya berwarna coklat atau kehijauan karena dikumpulkan oleh lebah dari berbagai pepohonan, getah dan sumber tanaman lainnya yang berada di sekitar sarang lebah tersebut.


Propolis sangat jarang ditemukan dalam bentuk murni, ini dikarenakan lebah mencampur getah dan zat-zat yang dikumpulkan tadi dengan lilin lebah, sehingga gampang sekali tercampur dengan BEESWAX (lilin lebah). Hal ini bisa terjadi karena propolis digunakan untuk menutupi lubang kecil, hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan lilin lebah.


Propolis sebenarnya sudah sangat lama digunakan dalam bidang medis, catatan tertua penggunaan Propolis adalah tahun 350 SM. Orang Yunani menggunakan propolis untuk mengobati bisul, Bangsa Asyria menggunakannya untuk mengobati luka dan Tumor, sedangkan orang Mesir menggunakannya untuk proses mengawetkan tubuh atau mumifikasi.

Propolis memiliki lebih dari 300 senyawa yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuh anda, tetapi senyawa yang paling berperan besar adalah senyawa polifenol atau biasa disebut dengan bioflavonoid. Bioflavonoid ini berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menjadi antiobtik alami untuk mengobati kerusakan dalam tubuh dan menjaganya dari proses penuaan, kerusakan, dan penyakit dari bakteri atau virus.

Komposisi Propolis


Komposisi dari Propolis berbeda-beda berdasarkan daerah tempat sarang lebah berada, ini dikarenakan material yang dikumpulkan lebah adalah material yang ada disekitar sarang tersebut, tetapi secara umum kandungan Propolis adalah 55% resin tanaman, 10 % minyak esensial, 5% polen, dan sisanya 30% adalah balsam, enzim, lilin lebah (beeswax) dan bahan lainnya.


Dalam hubungannya dengan kesehatan Propolis mengandung :
1.     Mineral yang diperlukan tubuh seperti : seng, mangan, kalsium, fluoride, kobalt, dll.
2.     Propoli juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B1, B2, B6, A, C, E, RR, dll,
3.     Kaya akan karoten, pro vitamin A.
4.     Mengandung protein, asam amino.

Kegunaan Propolis




Ada 50 zat dalam Propolis yang dibutuhkan tubuh untuk menstimulasi metabolisme dengan baik, contohnya :
1.     Seng, Mangan dan tembaga diperlukan untuk mengaktifkan proses tumbuh-kembang dan reproduksi,
2.     Turut bekerjasama dengan kobalt untuk memproduksi darah,
3.     Mengatur proses pertukaran zat makanan.
4.     Memiliki efek positif bagi kelenjar-kelenjar seksual.
5.     Sebagai tambahan seng memperpanjang efek dari hormon pankreas (insulin).



Selain dari fungsi menjaga metabolisme tubuh, Propolis juga dapat digunakan sebagai obat alami, karena kandungan flavonoid-nya yang bisa berfungsi untuk :


  1.  antioksidan, 
  2. anti peradangan (inflamasi)
  3. anti kanker
  4. anti microbial (Anti bakteri, jamur dan virus)
  5. anti diare
  6. melancarkan sistem kardiovaskuler (peredaran darah).

Selain fungsi bioflavonoid propolis di atas, Propolis digunakan untuk mengobati :


  1. Sariawan
  2. Infeksi dari bakteri
  3. TBC
  4. infeksi virus (seperti: Flu Babi H1N1, flu biasa dan pilek, Covid 19 (Corona Virus))
  5. infeksi jamur dan mikroba.
  6. Kanker terutama hidung dan tenggorokan. 
  7. masalah yang berhubungan dengan pencernaan atau infeksi saluran cerna seperti oleh Helicobacter pylori (kanker lambung).
Propolis juga sangat baik untuk meningkatkan system imunitas tubuh sehingga bada kita terjada dari terjangkit bakteri atau virus (mencegah lebih bak dari mengobati).


Penggunaan Propolis


Propolis kadang digunakan dengan cara : 


  1. dioleskan langsung ke tempat yang bermasalah, seperti luka atau jerawat untuk membersihkannya dari bakteri , demikian juga untuk penyakit kelamin seperti Herpes
  2. Propolis biasa dipakai untuk obat kumur yang berfungsi sebagai perangsang pemulihan bagi orang yang baru melewati operasi mulut .
  3. diminum/diteteskan ke bawah lidah.


Efek Samping Propolis



Percobaan Beewax dari Propolis lain yang terkenal

Zat yang berbahaya dari Propolis meskipun tidak sampai mematikan adalah kandungan Lilin Lebah (Beeswax), tetapi selama produk propolis yang dikonsumsi sudah dimurnikan dari Beeswax maka tidak ada efek samping dari konsumsi Propolis.
Hal penting yang harus diperhatikan atau dijaga bila anda ingin menggunakan propolis, pastikan dimurnikan dengan menggunakan nano teknologi, sehingga beewax-nya 0%. Karena seperti dilihat di foto di atas  bahwa lama kelamaan beewax akan mengendap dan bisa menyebabkan batu ginjal.

Selain 100% murni dari beewax, yang harus anda pastikan bahwa produknya bersertifikat BPom untuk menjaga kesehatan anda.



Kesimpulan Propolis adalah apa dan apa kegunaan Propolis.



Jadi bisa kita simpulkan beberapa poin mengenai apa itu propolis :



  1. Propolis adalah resin yang didapat lebah dari tumbuhan, getah pohon dan zat nabati lain yang ada di sekitarnya.
  2. Propolis dipakai untuk menjaga sarang dan madu karena sifatnya yang anti virus dan anti bakteri.
  3. Propolis tidak kalah dengan madu dalam hal kandungan, bahkan propolis bisa menjadi anti oksidan dan anti bakteri, anti virus alami.
  4. Propolis mengandung 300 lebih zat yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuh anda.
  5. Meskipun banyak sekali kegunaannya, propolis yang dikonsumi harus bebas beewax, karena dalam jangka panjang bisa mengakibatkan pengendapan lilin lebah di ginjal.
  6. Pastikan propolis yang anda konsumsi bebas bee wax dan besertifikat BPom.
Dari penjelasan di atas, tidaklah berlebihan jika Propolis disebut sebagai “SUPERFOOD”, dengan semua kelengkapan dan kelebihannya Propolis merupakan anugrah Tuhan bagi manusia.
Yang paling penting disini adalah jeli dalam memilih PROPOLIS MURNI sehingga tidak ada beeswax yang terkonsumsi.

Dari artikel di atas kita ketahui bahwa jenis propolis berbeda-beda dan kandungannya pun berbeda antar wilayah.


Klik disini untuk mempelajari jenis propolis apa yang paling baik di dunia yaitu jenis propolis yang paling bagus dan apa khasiatnya. 


Untuk anda yang bingung mengenai propolis, bisa wa ke Henoch (082281182345)


Baca juga artikel yang lainnya :

Jika ingin ada pertanyaan, konsultasi kesehatan, dosis propolis dan cara penggunaan Propolis, atau ingin langsung memesan Goodfit Propolis bisa hubungi nomor di bawah ini.

https://agengoodfitpropolis.blogspot.com/2020/05/propolis-terbaik-yang-terbukti-no-mlm.html
Goodfit Brazilian Green Nano Propolis
1 box = 5 botol kaca lengkap dengan pipet (@ 6 ml)
Harga Promo
Rp. 750.000 ==> Rp 565.000 (hanya 113.000 / botol)
Hubungi sekarang : Wa/Telp : 082281182345
atau klik saja disini
Harga diluar ongkos kirim